Labels

Rabu, 05 Desember 2012

Bibit Mangga

0 komentar
Mangga Kio Jay, Mangga Chokbabun, Mangga Sensation, Mangga Koniyom, Mangga Kisawei, Mangga Falan, mangga Chokanan, Mangga Irwin, Mangga Situbondo, Mangga Yu Wen, Mangga Namdokmai Golden, Mangga Harum Manis, Mangga Aple, Mangga Kelapa, Mangga Harum Manis, Mangga Gedong Gincu. Tersedia juga dalam bentuk kombinasi, dalam satu pohon terdiri dari 3 (tiga) varietas mangga atau lebih.

6 Fakta Unik Buah Mangga :

0 komentar

  1. Di berbagai belahan dunia, mangga biasa dimakan sebagai buah serta makanan pelengkap. Buah ini mengandung enzim dengan serat seperti yang kita temukan pada buah pepaya. Buah mangga juga mengandung banyak beta-Karoten yang oleh tubuh diubah menjadi vitamin A.
  2. Jika kita disuruh menjawab pertanyaan “Buah apa anak-anak yang banyak mengandung Vitamin C ?”, saya yakin sebagian besar dari kita akan menjawab “Buah Jeruk”. Tidak salah memang jawaban tersebut, namun ternyata Buah mangga memiliki kandungan Vitamin C yang jauh lebih banyak daripada buah Jeruk tadi !
  3. Buah mangga dapat membantu mencegah penyakit kolestrol karena mengandung pectin yang tinggi. Yaitu semacam serat yang dapat larut dalam darah dan sangat penting untung mengatur kolestrol darah.
  4. Biasanya buah mangga dipetik dari pohonnya ketika masih hijau atau setengah matang lalu disimpan di suatu tempat selama beberapa hari agar matang sendiri. Biasanya proses penyimpanan ini berlangsung selama 2 hingga 3 hari, tergantung dari kondisi buah ketika dipetik.
  5. Membakar daun, batang, atau ranting dari tanaman mangga sangat tidak dianjurkan karena pada bagian tersebut biasanya sering terdapat berbagai jamur beracun yang apabila terkena mata atau kulit dapat menyebabkan iritasi yang serius. Daun pohon mangga yang kelihatannya segar ini ternyata beracun.
  6. Daun Buah mangga ternyata mengandung racun dan apabila dimakan oleh ternak dapat berpotensi membunuh mereka.

KANDUNGAN GIZI MANGGA

0 komentar
Mangga banyak tumbuh di negara-negara timur jauh termasuk Afrika Barat. Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta crytaxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya caratenoid, serat dan vitamin C.

Klasifikasi dan Deskripsi

0 komentar
A. klasifikasi:

Khasiat Daun Mangga

0 komentar
      Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.

Senin, 03 Desember 2012

Varietas Mangga

1 komentar

Mangga adalah salah satu jenis tanaman buah yang sangat populer dan dikonsumsi secara luas di seluruh belahan dunia. Tanaman yang asal-usulnya berasal dari India ini, tersebar dan ditanam oleh banyak orang, baik sebagai tanaman individual di halaman rumah maupun dikebunkan secara komersial dalam skala kecil maupun skala besar-besaran. Kualitas buah mangga umumnya ditentukan oleh : kemudahan dalam berbunga dan berbuah, jumlah buah per pohon dan refleksi jumlah buah per satuan luas (produktivitas), persentase daging buah yang dapat dimakan, tekstur daging buah (padat, lembut, berair), bertepung atau tidak, berserat atau tidak, dan tentu saja tingkat kemanisan daging buah.

Sejarah Mangga

0 komentar

    Mangga bukan tanaman asli dari Indonesia .walaupun begitu masyarakat sudah menganggap mangga sebagai salah satu tanaman buah-buahan asli Indonesia. Di Indonesia  mangga tumbuh baik di daerah rendah yang berhawa panas, tapi juga masih ditanam sampai dataran tinggi yang ber hawa sedang. ( Pracaya, 2006). Daerah penyebaran tanaman mangga paling luas di dunia adalah Asia Tenggara, yakni mencakup Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Bahkan di antaranya daerah Bowen di bagian Utara Queensland menjadi pusat perkebunan mangga komersial. (Rukmana, 1997)Penyebaran mangga hampir merata diseluruh Indonesia. Nama lokalnya pun bermacam-macam di setiap daerah. Di Madura, mangga disebut pao. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur: palem. Di Jawa Barat: mangga. Di Aceh: mamplam. Di Bali: ampelm. Di Nias: maga. Di Banjarmasin: empelam. Di Sulawesi Selatan: pao, taipa. Di Minahasa: kawiley. Di Maluku: mampalang.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

0 komentar

    Buah mangga salah satu buah favoritku ketika masih kecil.. Saya masih ingat betul ketika makan buah mangga setelah pulang sekolah menggunakan sambal gula merah. Buah mangga memang menjadi idola, tidak hanya mangga yang sudah masak, tetapi yang masih mentah pun juga disukai. Ada beberapa jenis mangga di Indonesia, ada mangga manalagi, mangga golek, mangga harum manis. dll. mangga mana yang anda suka ?
Buah mangg (
mangifera indica
) awalnya berasal dari tanah India, tetapi berkat teknologi terkini, buah mangga sudah tersebar di penjuru dunia. Buah mangga bisa di temukan di daerah dataran rendah, tetapi juga ada beberapa yang dapat tumbuh di ketinggian 600 meter dari permukaan laut.

Cara Menanam buah mangga

0 komentar

           Nama buah mangga (Mangifera indica) ini berasal dari Malayalam manga. Kata ini diindonesiakan menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti mempelam (Mly.), pelem atau poh (Jw.), dan lain-lain.

Pohon mangga berperawakan besar, dapat mencapai tinggi 40 m atau lebih, meski kebanyakan mangga peliharaan hanya sekitar 10 m atau kurang. Kulit batang coklat kelabu sampai kehitaman, memecah atau beralur. Bertajuk rimbun, melebar sampai 10 m.