Labels

Rabu, 05 Desember 2012

Bibit Mangga

Mangga Kio Jay, Mangga Chokbabun, Mangga Sensation, Mangga Koniyom, Mangga Kisawei, Mangga Falan, mangga Chokanan, Mangga Irwin, Mangga Situbondo, Mangga Yu Wen, Mangga Namdokmai Golden, Mangga Harum Manis, Mangga Aple, Mangga Kelapa, Mangga Harum Manis, Mangga Gedong Gincu. Tersedia juga dalam bentuk kombinasi, dalam satu pohon terdiri dari 3 (tiga) varietas mangga atau lebih.
Sekilas Varietas Mangga

Kio Jay : Sebagai pendatang baru, mangga Kiojai mungkin belum cukup dikenal, bahkan oleh pecinta tanaman buah sekalipun. Padahal mangga Kiojai sangat menjanjikan dan bukan tidak mungkin akan menjadi primadona dalam waktu dekat. Ukuran buah-nya jumbo bisa mencapi berat 2 kg per buah, rasanya sangat manis walau masih mentah sekalipun. Dan tak kalah penting adalah mangga kiojai termasuk rajin berbuah. Di kebun milik salah seorang relasi Sri Wijaya Tani, setiap menjelang panen Kiojai, pembeli sudah berdatangan untuk memesan buah yang dihargai rp. 50.000,- per kg ini. Jadi tidak salah kiranya untuk menempatkan mangga Kiojai sebagai prioritas untuk dikebunkan atau sebagai koleksi pribadi.

Koniyom : Tidak berbeda jauh dengan Kiojai, mangga Koniyom juga mimiliki ukuran buah yang besar, rata-rata berbobot 1kg. per buah. Dari segi rasa, walau masih mentah juga sangat manis dengan aroma yang khas. 

Kisawei : Atau Kaiew Sawei atau Kiew Sa Waei masih termasuk mangga makan mentah seperti halnya Kiojay ataupun Koniyom. Artinya kalau dimakan dalam keadaan buah masih mentah rasa-nya sudah manis, dan tidak ada rasa asam. Ukuran buah berukuran sedang dengan bentuk mirip buah mangga golek.

Falan : Mangga falan sama dengan tiga varietas mangga diatas, yakni mentah manis. Bahkan mangga falan, buah yang belum tua sekalipun sudah berasa manis. Ukuran buah tidak terlalu besar dengan warna hijau tua dan agak runcing. Buah mangga falan yang sudah tua jika ditusuk akan terbelah sendiri.
Cokanan : Jika anda ingin memiliki pohon mangga yang cepat berbuah dan berbuahnya tanpa musim, Cokanan adalah pilihannya. Disebut demikian, karena memang mangga Cokanan umumnya mulai berbuah sebelum berumur satu tahun dan cenderung berbuah sepanjang tahun. Maksudnya, dalam satu pohon biasa dijumpai buah dengan berbagai ukuran, ada yang sudah tua, masih muda dan masih bunga dalam satu waktu. Buah mangga Cokanan berukuran sedang dengan bobot sekitar 300 - 600 gram per buah. Dari segi rasa, buah Cokanan sangat manis karena walau mentah pun memang tidak asam. Mangga Cokanan sangat cocok untuk koleksi tabulampot.

Irwin : Mangga Irwin memiliki warna buah yang khas ; merah, kuning dan hijau. Tidak hanya warna saja yang khas, mangga asal Australi ini, juga memiliki rasa yang khas ; manis dengan sedikit rasa asam, tapi segar. Melihat warna buah yang khas dan bunga berwarna merah, mangga Irwin sangat bagus untuk koleksi terutama tabulampot.
Mangga Situbondo : Jika dilihat dari bentuk pohon dan rasa buah, mangga Situbondo hampir sama denga manga Harum Manis yang umum dikenal selama ini. Tetapi jika melihat ukuran dan bobot buah, jelas sekali perbedaannya. Ukuran buah Situbondo termasuk jumbo dengan bobot bisa mencapai 1,5 kg per buah. Rasa-nya juga sangat manis dengan aroma wangi yang khas. Disamping itu mangga Situbondo juga lebih genjah.

0 komentar:

Posting Komentar